Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Memilih Nama yang Tepat untuk Bisnis Cafe Anda

Bisnis cafe memang merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Cafe menjadi bisnis yang memiliki pangsa pasar luas, terutama pada kalangan anak muda dan orang dewasa di daerah perkotaan. Cafe kini bukan hanya menjadi tempat kuliner atau nongkrong bersama teman, namun juga bisa menjadi tempat rehat sejenak setelah melakukan rutinitas sehari-hari.

Karena itulah, bisnis cafe bisa dibilang tidak pernah sepi dan terus menjamur dengan beragam inovasi yang dapat menarik pelanggan. Tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum bergelut dalam bisnis cafe, salah satunya adalah mencari nama yang tepat. Memilih nama cafe memang bisa dibilang susah-susah gampang, tampaknya sederhana tapi berpengaruh besar dalam bisnis yang akan dijalankan.

Untuk membantu Anda dalam memilih nama cafe yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan:

1. Mewakili Identitas Bisnis

Hal pertama dan paling penting dalam mencari nama cafe yang tepat adalah pastikan bahwa nama tersebut mewakili bisnis Anda. Nama cafe merupakan identitas bisnis yang menunjukkan kepada pangsa pasar apa yang Anda tawarkan untuk mereka. Dengan begitu, orang pun dapat dengan mudah paham dengan apa yang diunggulkan dari cafe Anda dan tertarik untuk berkunjung. Misalnya saja Anda membuat cafe yang mengusung nuansa jadul, nama “Vintage Cafe” atau “The Classic Cafe” bisa menjadi pilihan.

2. Nama yang Mudah Diingat

Memiliki nama cafe yang mudah diingat akan memberikan nilai plus di mata pengunjung, karena membuat mereka lebih familiar dengan nama tersebut. Pastikan juga nama cafe yang Anda gunakan sesuai dengan pelafalan dan bahasa yang digunakan oleh target pasar atau calon konsumen.

Jadi jika Anda berpikiran untuk menggunakan nama latin dengan alasan kopi yang digunakan asli dari Brazil, coba pikirkan ulang ide itu. Nama itu mungkin tampak keren, namun akan sulit diingat oleh calon konsumen Anda. Menggunakan nama dengan bahasa Indonesia atau Inggris akan lebih familiar, seperti “Kafe Teman Duduk” atau “The Cup Cafe”.

3. Simpel dan Relevan

Terkadang nama cafe yang dibutuhkan dan cocok untuk bisnis Anda jauh lebih simpel dari yang dipikirkan. Nama yang simpel dan pendek namun mudah diingat akan lebih membekas di benak calon konsumen. Anda juga bisa menggunakan nama yang relevan dengan lokasi, misalnya “Sudirman Cafe” dan “Warung Kopi Pertigaan”. Atau bisa juga mengambil dari nama Anda sebagai pemilik cafe, misalnya “Warung Kopi Bang Boy”.

4. Tidak Asal Unik

Sesuatu yang unik memang bagus dan bisa menjadi faktor pembeda dari orang lain, namun pemilihan yang tidak tepat malah bisa jadi bumerang bagi bisnis Anda. Tentu tidak menjadi masalah menggunakan nama yang unik, yang penting jangan sampai hanya asal mencari nama unik dan mengabaikan hal lain. Perhatikan apakah nama itu mudah diingat dan pantas untuk digunakan di negara kita, serta tidak bertentangan dengan budaya tertentu. Nama-nama seperti “Insect Cafe” atau “Toilet Cafe” tentu tidak pantas digunakan untuk nama cafe Anda, bukan?

5. Memiliki Konotasi Positif

Seperti yang telah diulas pada bagian awal tulisan ini, cafe menjadi tempat berkumpul dengan teman atau beristirahat dari rutinitas harian. Karena itu, penting untuk menggunakan nama cafe yang memiliki konotasi positif agar dapat membuat orang betah dan berkunjung kembali. Mungkin beberapa nama dengan konotasi negatif seperti “The Darkest Cafe” atau “Mummy Cafe” dianggap unik dan cocok digunakan, namun calon konsumen Anda akan berpikir dua kali untuk berkunjung.

6. Memiliki Nilai Jual

Perlu Anda ingat bahwa bagaimanapun juga dasar dari bisnis adalah menjual sesuatu, dan tidak terkecuali pada bisnis cafe. Jadi carilah nama yang memiliki nilai jual dan mudah untuk diiklankan, terutama pada media online yang sering digunakan oleh kalangan anak muda sebagai pangsa pasar.

Ingat juga bahwa Anda mendirikan cafe tersebut dengan tujuan jangka panjang, jadi usahakan untuk mencari nama yang bukan hanya memiliki nilai jual sementara. Kalau bisa hindari nama dengan hanya mengikuti fenomena hits tapi kemungkinan tidak akan bertahan lama, seperti “Warung Kopi Telolet”.

7. Menyertakan Logo

Selain nama, logo juga menjadi salah satu bagian dari identitas cafe yang penting dalam mengenalkan bisnis Anda kepada calon konsumen. Aspek visual memang lebih mudah diingat dan dapat membekas cepat dalam benak seseorang dibandingkan nama. Misalnya saja saat melihat logo ratu dengan latar hijau, kita langsung tahu itu adalah logo Starbucks. Jadi pastikan Anda juga membuat logo yang eye-catching dan tentunya merepresentasikan bisnis cafe yang akan dijalankan.

8. Mengecek Kembali Nama Cafe

Jika Anda sudah menemukan sebuah nama yang cocok, jangan lupa untuk mengecek kembali apakah nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Hal ini selain agar calon pengunjung tidak bingung dengan cafe lain, juga berkaitan dengan masalah hak cipta dan merk dagang. Jika Anda menggunakan nama yang sudah digunakan dan didaftarkan, bisa-bisa bisnis Anda terhambat dengan perkara hukum di kemudian hari.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, Anda bisa mencari beberapa opsi nama sebagai cadangan jika sudah ada yang dipakai orang lain. Kalau Anda sudah memastikan bahwa nama tersebut belum digunakan dan didaftarkan, Anda bisa mendaftarkannya pada Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal ini untuk melindungi bisnis Anda dari pelanggaran hak cipta dan permasalahan hukum lain yang mungkin muncul nantinya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda mencari nama yang tepat untuk bisnis cafe yang akan dijalankan. Nama cafe memang merupakan hal yang mendasar dan penting sehingga harus dipikirkan dengan baik. Bukan saja sebagai identitas bisnis Anda, tapi juga sangat berpengaruh dalam menarik perhatian calon pengunjung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips memilih nama yang tepat untuk bisnis cafe, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Fakta Bisnis Orang Jepang
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Bisnis Gagal dalam 5 Tahun
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
6 Prinsip Bisnis Orang Cina


Bagikan Ke Teman Anda