Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil

Siapapun sepertinya ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar agar bisa mencukupi dan menunjang kebutuhan hidupnya. Namun sayangnya, tak semua orang beruntung dengan mendapatkan hal tersebut. Hal ini terkadang menjadi sebuah dilema ketika semua harga-harga kebutuhan pokok selalu merangkak naik, sedang gaji yang didapat cenderung stabil di level yang terbilang kecil.

Memiliki gaji yang kecil memang sedikit membuat pusing kepala, betapa tidak? Rasanya gaji yang belum sampai sebulan diterima sudah habis duluan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bahkan terkadang harus mencari pinjaman kesana kemari untuk bisa menutupi biaya hidup.

Bila hal ini terus-menerus terjadi bisa jadi hidup hanya akan menabung hutang saja. Sesungguhnya besaran gaji sangatlah relatif, karena setiap orang selalu merasa kurang cukup. Namun tak perlu khawatir karena jumlah gaji yang kecil bisa disiasati dengan baik bila anda bijak dalam mengatur keuangan. Supaya meski gaji yang didapat kecil, tetapi tetap bisa memenuhi setiap kebutuhan.

Seperti apa langkahnya? Simak tips sederhana berikut ini.

1. Atur Keuangan dalam Anggaran yang Terencana

Anggaran memiliki peran yang penting dalam menjaga keuangan, mengapa demikian? Sebab, dengan membuat anggaran belanja kita akan lebih bisa mengontrol uang yang masuk maupun yang keluar. Dengan begitu anda akan mendapatkan sebuah gambaran pasti kemana uang tersebut dibelanjakan.

Supaya nanti anda bisa memperhitungkan semua biaya sejak awal dan bisa menyisihkan sebagiannya untuk ditabung bila ada kelebihan. Dengan membuat anggaran belanja anda akan bisa mengatur keuangan dengan cermat, meskipun dengan gaji yang kecil.

2. Atur Pengeluaran untuk Cicilan Rumah

Siapa bilang gaji kecil tidak bisa memiliki rumah, karena sekarang banyak fasilitas kredit rumah yang disubsidi oleh pemerintah. Sehingga anda yang berpengasilan dibawah Rp 4 juta bisa mendapatkan kesempatan memiliki sebuah hunian yang layak dan nyaman.

Namun terkadang ada pula yang mengeluhkan bahwa dengan gaji yang mepet sangat sulit jika harus memikirkan pula cicilan rumah. Bisa-bisa nanti cicilannya malah tak bisa terbayar karena gaji sudah habis untuk keperluan lainnya.

Kuncinya sesungguhnya ada pada ketika anda mulai ingin mengajukan kredit rumah, yakni cicilan seharusnya tidak boleh melebihi 30% dari total penghasilan supaya keuangan tetap dalam kondisi aman terkendali. Dengan begitu, gaji kecil tak akan menghalangi anda berinvestasi.

3. Lakukan Penghematan

Gaji bulanan yang cenderung tetap dengan kenaikan yang mungkin tak seberapa tiap tahunnya mungkin akan meyulitkan anda ketika semua biaya hidup justru semakin meningkat. Salah satu solusi jitunya memeuhi kebutuhan hidup dengan gaji kecil ialah dengan berhemat.

Berhemat bukan berarti anda harus menyiksa diri dengan membatasi diri dengan kenyamanan yang biasa anda dapatkan. Namun anda hanya harus bisa menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting dan mendesak.

Dan dengan begitu anda justru bisa mengontrol keuangan agar lebih tepat guna dan tidak mubazir. Sehingga gaji kecil anda tak akan semakin mepet tidak menyisakan apa-apa, paling tidak anda tak harus sampai berhutang karena gaya hidup yang boros.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, namun untuk anda yang memiliki gaji yang kecil sangat tidak dianjurkan untuk menggunakannya. Sebab, kartu plastik ini memiliki banyak biaya-biaya tambahan bila anda lalai untuk memenuhi tagihan bulannanya.

Lagi pula kartu kredit ini bila dimiliki oleh orang yang suka lapar mata, pasti bisa mendatangkan bencana. Karena bisa-bisa gaji bulanan tak cukup untuk membayar tagihannya yang membengkak. Akan lebih baik, tunda keinginan memiliki kartu kredit anda bila keuangan belum stabil bil perlu tepis jauh-jauh keinginan tersebut.

Karena hidup sederhana tidak memerlukan kartu kredit, dengan begitu anda tak perlu membayar hutang yang tidak perlu dan gaji anda bisa disisihkan untuk disimpan dalam tabungan.

5. Batasi Keinginan Hura-hura

Jalan-jalan ke tempat rekreasi, hang out ke cafe, nonton di bioskop atau makan di resto memang terasa menyenangkan bila dilakukan sesekali. Bila setiap saat, itu namanya hura-hura dan pemborosan. Mencari kesenangan memang bukan hal yang buruk karena hal tersebut bisa membuat kepenatan sehabis bekerja menjadi sedikit berkurang.

Namun perlu diingat bahwa tentunya hal tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit, dan ketika dengan gaji kecil anda memaksakan diri untuk melakukan semua hal tersebut maka bersiaplah bila gaji akan habis dengan cepat bahkan sebelum sampai gajian bulan berikutnya.

Bersenang-senang boleh saja, tetapi jangan sampai menyita seluruh gaji anda. Lebih baik atur keinginan tersebut dengan membuat tabungan khusus, agar keinginan bersenang-senang tak terhalang gaji yang kecil.

6. Buat Tabungan Otomatis

Saat gaji yang didapat terbilang kecil, keinginan menabung biasanya akan terkikis sedikit demi sedikit bahkan tidak terpikirkan lagi. Tetapi bila anda menabung dengan sistem auto debet seperti melakukan pembayaran cicilan lainnya, anda bahkan tidak akan sadar bila gaji anda sudah dipotong untuk dimasukan ke dalam tabungan.

Setidaknya dengan begitu, anda akan memiliki tabungan tanpa perlu memikirkan lagi harus memangkas biaya apa lagi agar bisa menyisihkan penghasilan ke dalam tabungan.

7. Cermat Mengelola Keuangan Merupakan Kuncinya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan dengan gaji minimalis ini yang sebenarnya hanya memerlukan ide kreatif dari diri anda sendiri. Sebab,kehidupan setiap orang sangatlah berbeda. Dan mereka menjalani kehidupan pun dengan cara yang berbeda pula, namun poin di atas bisa anda gunakan untuk membantu anda agar bisa mengatur keuangan anda yang memiliki gaji yang mepet alias kecil. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mengatur keuangan dengan gaji kecil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Apa yang Harus Dilakukan Bila Dompet Hilang?
Bagaimana Restoran Buffet (All You Can Eat) Mendapatkan Untung?


Bagikan Ke Teman Anda