Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Trik Mempercepat Pelunanasan KPR

#pelunasan #tip KPR

Saat ini apa sih yang tidak bisa dimiliki? Barang-barang elektronik, motor, mobil, bahkan rumah bisa dimiliki dengan mudah. Tak harus membeli secara tunai, kredit pun bisa. Dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa mencicil pembayaran atas barang yang Anda inginkan.

Khusus untuk rumah, bank menawarkan produk layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan syarat mudah dan proses cepat. Tak heran jika layanan KPR ini menjadi angin segar bagi mereka yang ingin memiliki rumah impian tetapi terbentur keterbatasan dana.

Dari produk-produk layanan kredit, KPR memberlakukan jangka waktu yang lebih lama, mulai dari 10, 15, bahkan 25 tahun. Bagi bank, semakin lama jangka waktu kredit tentu akan menguntungkannya karena total pendapatan bunga kredit semakin besar. Sementara bagi debitur, jangka waktu kredit yang semakin lama dapat memperkecil nominal angsuran.

Namun tak jarang selama berjalannya kredit, debitur berniat untuk mempercepat pelunasan sebelum jangka waktu yang telah disepakati dalam akad kredit. Alasannya beragam, kebanyakan karena memiliki pendapatan lebih sehingga mampu melunasi sisa utang pokok KPR dan ingin segera terbebas dari beban utang.

Tak hanya itu, ada pula yang ‘menyadari’ kerugian yang diderita atas sistem anuitas yang diterapkan pihak bank, di mana bunga dibayar di awal. Komposisi bunga dalam nominal angsuran jauh lebih besar dibandingkan dengan utang pokok, sehingga utang pokok hanya berkurang sedikit meski telah mengangsur selama 5 tahun sekalipun.

Ketika menyetujui permohonan KPR, bank sudah mengkalkulasi pendapatan bunga yang akan diperolehnya. Permintaan percepatan pelunasan oleh debitur tentu akan mengurangi potensi pendapatan bunga tersebut. Oleh sebab itu, bank telah menyiapkan ‘perisai’ agar tidak mengalami kerugian akibat percepatan pelunasan KPR ini, yakni dengan mengenakan pinalti sebesar 1% dari sisa utang pokok.

Jika ingin melunasi KPR lebih cepat dari jangka waktu yang disepakati boleh saja, namun Anda harus cermat agar bisa lebih efisien. Bagaimana caranya? Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk melunasi KPR lebih cepat.

1. Kurangi sisa utang pokok dengan tabungan tetap

Jika dikalkulasi total pendapatan bunga KPR bisa mencapai 70 hingga 100% lebih dari utang pokok, tergantung pada jangka waktunya. Pada sistem anuitas, bank mengambil pendapatan bunga di muka. Oleh sebab itu, meski telah mengangsur 5 tahun, namun sisa utang pokok Anda masih banyak. Jika pelunasan dilakukan dalam kondisi seperti ini, jelas Anda akan rugi karena selain diwajibkan untuk membayar seluruh sisa utang pokok yang secara nominal masih besar, Anda juga dikenai bunga berjalan plus pinalti.

Jadi, bagaimana solusinya? Percepatan pelunasan KPR dapat dilakukan dengan mengurangi utang pokok secara berkala menggunakan tabungan tetap. Prinsip keuangan yang sehat adalah pendapatan dialokasikan untuk angsuran maksimum 40%. Dengan asumsi tersebut, Anda masih memiliki 60% bagian dari pendapatan Anda untuk kebutuhan lainnya. Alokasikan 10-20% untuk tabungan tetap.

Misalnya Anda mampu menabung Rp 1.000.000,- setiap bulan, maka dalam setahun terkumpul Rp 12.000.000,-. Nah, gunakan tabungan tersebut untuk mengurangi utang pokok KPR Anda. Dengan berkurangnya utang pokok, maka skema bunga dan angsuran otomatis akan berubah menjadi lebih rendah. Lakukan hal ini setiap tahun, maka KPR Anda akan lebih cepat lunas dari jangka waktu yang disepakati. Saat sisa utang pokok sudah kecil, inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk melunasinya, karena pinalti yang akan dikenakan juga tidak terlalu besar.

2. Melakukan pembayaran angsuran ekstra

Membayar angsuran ekstra menjadi trik lain yang bisa dilakukan untuk mempercepat pelunasan KPR. Trik ini efektif apabila Anda memiliki pendapatan lebih. Angsuran ekstra merupakan fasilitas yang disediakan oleh bank untuk mengurangi utang pokok. Namun, ada syarat yang diberlakukan untuk memanfaatkan fasilitas ini, yaitu debitur telah mengangsur minimal 12 kali dan jumlahnya minimal 5 kali angsuran.

Nah, dalam melakukan pembayaran angsuran ekstra ini, Anda juga harus cermat dengan mekanismenya agar tidak dikenai bunga berjalan. Pastikan Anda telah membayar angsuran pada bulan di mana Anda akan membayar angsuran ekstra. Konkritnya, jika Anda ingin membayar angsuran ekstra pada bulan Juli, maka selesaikan dulu angsuran untuk bulan tersebut. Selanjutnya Anda bisa mendatangi bagian Loan Service kantor bank tempat Anda melakukan akad kredit kemudian sampaikan maksud Anda untuk membayar angsuran ekstra.

Bagian Loan Service akan memberi rincian sisa utang KPR Anda. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari dua opsi tujuan memanfaatkan fasilitas angsuran ekstra, yakni:

  • Mengurangi jangka waktu kredit tanpa mengurangi nominal angsuran
  • Mengurangi nominal angsuran tanpa mengurangi jangka waktu kredit

Setelah Anda menentukan pilihan, maka petugas bagian Loan Service akan segera memprosesnya. Dengan memanfaatkan fasilitas angsuran ekstra secara berkala, Anda bisa mempercepat pelunasan KPR tanpa beban bunga yang besar.

Nah, jika dirasa sisa utang pokok KPR tidak terlalu besar dan Anda memiliki dana cukup, maka Anda bisa melunasinya lebih cepat dari jangka waktu yang disepakati. Dalam proses pelunasan KPR, Anda akan dikenakan biaya pinalti, bunga berjalan, materai, dan biaya pengambilan sertifikat. Apabila sertifikat rumah Anda disimpan di kantor bank yang sama tempat Anda melakukan akad kredit, maka proses pengambilan sertifikat ini bisa selesai dalam satu hari kerja.

Namun, apabila sertifikat rumah yang menjadi jaminan KPR disimpan di kantor pusat atau kantor cabang lainnya, maka perlu waktu setidaknya dua hari kerja untuk mengambilnya. Perlu diperhatikan pula bahwa apabila setelah 15 hari sejak pelunasan sertifikat rumah tidak segera diambil, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan atau denda dengan jumlah tertentu. Cermat dalam bersikap dan mengambil keputusan terkait dengan percepatan pelunasan KPR akan berpengaruh pada pengelolaan keuangan yang tepat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang trik mempercepat pelunanasan KPR, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Sistem Informasi Debitur (SID) dan Apa Manfaatnya?
Tahap Demi Tahap Pengajuan KPR Rumah Bekas
Sebaiknya Beli Rumah KPR atau Tunai?
Pahami Ragam Take Over KPR Ini Sebelum Melakukannya
Kredit Rumah untuk Orang Miskin, Memicu Krisis Ekonomi?
Seputar KPR CIMB Niaga
Seputar KPR BNI
Apa Itu KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)?
Bisakah Jual Rumah KPR Sebelum Lunas?
Tip Agar KPR Disetujui Bank dengan Mudah


Bagikan Ke Teman Anda