Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Wire Transfer dan Cara Mengirim Uangnya

Saat ini transaksi keuangan sudah semakin global. Anda yang tinggal di Indonesia, sangat mungkin memiliki klien atau customer dari luar negeri atau sebaliknya, yang mengharuskan anda untuk melakukan transaksi pembayaran antar negara. Hal ini dapat dengan mudah anda lakukan melalui proses Wire Transfer.

Apa Itu Wire Transfer?

Wire Transfer merupakan transaksi transfer uang antar bank di lain negara. Sehingga jika anda merupakan seorang yang aktif dalam forex trading, atau seorang yang bekerja sebagai Rater, maka anda akan memerlukan Wire Transfer untuk membayar atau menerima pembayaran dari luar negeri.

Misalkan anda bekerja sebagai Rater di Indonesia dan ingin menerima pembayaran dari Perusahaan anda di Inggris, maka Bank anda di Indonesia bisa menerima uang dari Bank Perusahaan di Inggris melalui Wire Transfer.

Atau jika anda memiliki klien di Singapura dan ingin melakukan pembayaran dari Indonesia, maka anda bisa mengirim uang dari Bank anda di Indonesia ke Bank Klien di Singapura melalui wire transfer.

Bank Apa Saja di Indonesia yang Bisa Menerima dan Mengirim Wire Transfer?

Di Indonesia, hampir semua Bank sudah dapat memproses transaksi Wire Transfer atau Remittance. Waktunya pun tidak lama, berkisar antara 1-4 hari kerja uang sudah mendarat dengan baik di Bank penerima. Waktu prosespun tidak tergantung pada jauh dekatnya negara tujuan atau negara asal; melainkan tergantung pada sudah ada atau belum kerjasama yang dilakukan antar bank yang mengirim dan menerima. Jika ternyata belum ada kerjasama antar kedua bank tersebut, maka proses pengiriman/penerimaan akan melewatkan bank penghubung terlebih dahulu.

Apa yang Anda Butuhkan Untuk Melakukan Wire Transfer?

Meski prosesnya tidak sulit, namun ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan ketika akan melakukan wire transfer.

  • Untuk mengirim, meski bisa dilakukan secara tunai, namun sebaiknya anda memiliki rekening tabungan di Bank tempat anda mengirim wire transfer. Hal ini selain untuk memudahkan dalam proses pengiriman, juga agar Bank tidak kesulitan memperoleh data anda sebagai pengirim jika diperlukan.
  • Tidak perlu pergi ke money changer terlebih dahulu. Misalkan jika uang anda berupa Rupiah dan anda ingin mengirim ke Singapura dalam nominal Singapore Dollar atau SGD, maka anda bisa mengirim uang dalam bentuk Rupiah saja. Nantinya Bank akan melakukan konversi secara otomatis terhadap mata uang Rupiah anda ke SGD, dengan nilai tukar mengacu kepada nilai tukar (Kurs) yang berlaku pada masing-masing Bank yang anda gunakan.
  • Untuk Biaya, akan dikenakan berdasarkan dua kategori, yaitu :

1. Full Amount

Dimana penerima akan menerima dana secara full. Misalkan jika anda mengirim 100 SGD, maka penerima akan menerima 100 SGD. Disini biaya pengiriman akan dibayarkan oleh sang pengirim, dengan biaya berkisar antara $20 hingga $30 dibayar dimuka.

2. Non Full Amount

Dimana penerima bersedia dananya dipotong sebagai biaya pengiriman. Dalam hal ini sang pengirim akan dikenakan biaya sekitar $15 meski biaya pada tiap Bank bisa berbeda. Sehingga ada baiknya sebelum melakukan pengiriman uang, anda bernegosiasi dengan penerima apakah wire transfer yang dilakukan bersifat full amount atau non full amount.

  • Ketahui Kode SWIFT Bank sebelum anda mengirim. Apa itu kode SWIFT? SWIFT adalah singkatan dari Society for Worlwide Interbank Financial Telecommunication. SWIFT berfungsi sebagai pembawa data yang mengangkut pesan antara dua lembaga keuangan. Dengan SWIFT, kedua Bank (pengirim dan penerima) dapat melakukan pertukaran data yang aman dengan rahasia dan integritas yang terjamin. Semua Bank di dunia memiliki kode SWIFTnya masing-masing. Pastikan anda sudah mengetahui kode SWIFT Bank tempat anda mengirim, dan kode SWIFT Bank penerima dana sebelum melakukan pengiriman. Sebagai contoh kode Swift BII adalah IBBKIDJA dan kode Swift Bank BRI adalah BRINIDJA. Anda bisa mengetahui kode SWIFT dari masing-masing Bank atau mencarinya di internet.

Bagaimana Cara Mengirim Uang Lewat Wire Transfer?

Cara mengirim uang melalui wire transfer ke luar negeri dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Pastikan data penerima sudah anda miliki dengan lengkap, yaitu :
  1. Negara penerima
  2. Kurs yang berlaku di Bank anda agar dana anda cukup untuk mengirim dana.
  3. Nama penerima
  4. Nama Bank Penerima (Lengkap dengan kode, alamat dan Cabang serta kode SWIFT bank tersebut)
  5. Berita yang harus dicantumkan
  6. No telpon penerima
  • Pergi ke Bank dengan membawa buku rekening, kartu ATM, serta kartu identitas. Mengisi slip transfer antar bank, Isikan data dengan benar. Jika anda ragu, anda bisa meminta Customer Service untuk membantu anda.
  • Setelah proses wire transfer selesai, simpan copy dan bukti transfer dengan baik. Setelah itu anda bisa menginformasikan kepada penerima bahwa uang sudah anda kirim.
  • Tunggu pengiriman dana dalam 1-4 hari kerja. Jika dalam waktu 1 minggu masih belum ada konfirmasi penerimaan dari yang bersangkutan, maka anda bisa mengecek kembali ke Bank tempat anda mengirim.
  • Jangan khawatir jika ada data yang kurang atau salah, maka dana akan kembali ke rekening asal anda di Indonesia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Wire Transfer dan cara mengirim uangnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Hawala, Cara Transfer Uang Luar Negeri dengan Cepat & Rahasia
Apakah Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Kita Bahagia?
Tarik Tunai ATM tapi Uang Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya!
Cara Mengirim Uang dengan Western Union
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Perbedaan Uang, Mata Uang dan Dampaknya pada Redenominasi
Apa Itu Nilai Intrinsik dan Ekstrinsik Uang?
Ini Dia Penemuan yang Banyak Dipakai Orang tapi Penemunya Tak Mendapat Uang
Bagaimana Perusahaan Asuransi Mendapat Uang? Ini Penjelasannya!


Bagikan Ke Teman Anda